• SMP NEGERI 2 MIRIT
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

Berlari Bersama Hujan

Oleh: Alfi Khasanah / VIII C

Pada suatu pagi yang cerah, dua orang Kakak beradik sedang bercengkrama di dalam kamar mereka. Sang Kakak nampak sibuk mempersiapkan sesuatu.

"Loh kak Rain mau kemana?" Tanya Rara kala melihat sang Kakak sedang mengencangkan tali sepatunya

"Mau ikut jalan sehat, kenapa emangnya? Kamu mau ikut?" Jawab Rain sang kakak

"Wah.. jalan sehat? Ada undian hadiah ngga?" Tanya Rara

Raina terkekeh pelan lantas menggeleng. Dirinya tak habis pikir dengan apa yang dipikirkan adiknya itu.

"yah, masa mau jalan sehat harus nunggu ada hadiahnya.." ucap Kak Raina.

Raina pun lantas berpamitan dan meninggalkan rumah. Raina sangat mengerti bahwa mengajak sang adik berolahraga adalah hal yang sulit. Setiap kali Rara diajak berolahraga, Rara akan berkata:, "Ish, aku tuh udah sehat kak! Ngga perlu olahraga segala, konsumsi lemak, protein, karbohidrat, kalsium, sama embel-embel lainnya udah sesuai porsi"

“ya.. walaupun begitu, kita tetap perlu berolahraga bbukan?” sambung Sang Kakak.

***

Hari pun berganti, saat itu Kak Raina sedang sibuk mempersiapkan peralatan sekolahnya, tiba-tiba ia dikejutkan dengan teriakan sang adik, Rara. “Aaaahhhhhh tidaaaakkkkk!!!!” teriak Rara.

"Kenapa Ra?" Tanya Kak Raina dengan wajah terkejut dan penuh rasa ingin tahu.

"Ka Rain.. gimana nih.. berat badan aku naik 5 kg, padahal bulan lalu masih 45 kilo loh." Jawab Rara

"Enggak!! Ini pasti ada yang salah, ini timbangannya pasti sudah rusak, atau mgkin gravitasi bumi telah berubah menjadi 10 m/s²! bukan lagi 9,8 m/s²!" Ucap Rara sambil cemberut mengetahui bahwa berat badannya meningkat secara signifikan.

Sontak hal tersebut membuat Kak Raina tertawa geli, ada saja tingkah laku adiknya. Menurutnya hal tersebut sangat wajar terjadi mengingat sang adik sangat malah berolahraga, hobinya rebahan sambil memainkan gadgetnya. Selain itu, pola makannya juga tidak terkontrol, sering meminum minuman berkarbonasi dan makan junk food bisa lebih dari tiga kali dalam sehari. Kak Raina sadar, kebiasaan tersebut harus segera dihentikan, semata-mata agar tubuh menjadi lebih sehat.

Kak Raina meyakinkan adiknya untuk memiliki pola hidup yang lebih sehat, baginya kesehatan adalah hak setiap manusia dan mereka pun berhak mengupayakannya. Salah satunya dengan berolahraga, serta diimbangi dengan memperhatikan apa yg kita konsumsi.

***

"Ra!!! Ayo lebih kencang, semangat dong larinya!!!!”, teriak kak Raina sambil tersenyum.

“Hei Kak Rainh, ehh kak Hujanh!! ….. Tolongh berhentih tersenyum, itu tampak seperti kau sedang menghukumku”, teriak Rara ditengah larinya sambil terengah-engah.

Memakan makanan sehat, mengonsumsi buah dan sayur, istirahat yg cukup merupakan upaya yg bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Semua akan menjadi sempurna ketika kita juga rajin berolahraga.

*** Tamat***

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Aves Sang Pemilik Sarang

oleh: Nauralita Suhendar / VIII A Tebing tinggi berwarna abu-abu bergradasi hitam tampak berdiri kokoh di tepi birunya air laut. Tebing itu merupakan bagian dari Hutan Emerald. Tempat

05/11/2022 09:44 WIB - Siti Zaenatun